Perusahaan Anda Unik, Punya Keunggulan dan Awarnes terhadap Standar SNI? Ayo Daftar SNI AWARD 2014

SNI Award 2014 merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan/organisasi yang mempunyai komitmen dan konsisten menerapkan standar / SNI.

Penilaian SNI Award dapat menjadi acuan penilaian perusahaan/organisasi untuk peningkatan kinerja perusahaan/organisasi, karena penilaian SNI Award menilai seluruh aspek yang dapat mendorong kemajuan perusahaan/organisasi dalam mewujudkan kinerja yang lebih baik, yaitu kepemimpinan dan manajemen, fokus pada pelanggan, pengembangan sumberdaya, pengelolaan/realisasi produk, dan hasil bisnis.

Pada tahun 2014 SNI Award memasuki tahun ke-10, dan evaluasi telah dilakukan terus menerus untuk menyempurnakan penilaian dan pelaksanaan SNI Award. Anda dan perusahaan Anda dapat mengikuti program ini.

Walaupun usaha Anda masih tergolong perusahaan kecil, jangan menyerah. Asalkan perusahaan Anda telah menerapkan standar tertentu dalam operasional usahanya, memiliki keunggulan, dan keunikan, bisa mengikuti program SNI Award 2014.

Diantara yang dapat mengikuti SNI Award 2014 adalah lembaga pendidikan, instansi kesehatan, perusahaan jamu, perusahaan pangan olahan, rumah sakit, griya spa, dll.

Apa manfaat SNI Award bagi peserta?
1.    Peserta dapat menggunakan kriteria SNI Award sebagai acuan peningkatan kinerja perusahaan/ organisasi.
2.    Peserta dapat memperluas wawasan standardisasi dan memperluas mitra kerja dengan BSN dan instansi terkait lainnya.
3.    Peserta mendapat kesempatan untuk dievaluasi tingkat kinerjanya berdasarkan kriteria SNI Award tanpa dipungut biaya.
4.    Peserta mendapat umpan balik dari hasil evaluasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi.
5.    Penerima penghargaan SNI Award diberi peluang untuk mengikuti forum internasional dibidang standardisasi.

Bagaimana persyaratan untuk menjadi peserta?
1.    Perusahaan/organisasi memiliki legalitas hukum Indonesia;
2.    Perusahaan/organisasi yang menghasilkan produk (barang atau jasa) di Indonesia;
3.    Perusahaan/organisasi tidak terlibat kasus pidana hukum Indonesia dalam jangka waktu 5 (lima) tahun terakhir;
4.    Perusahaan/organisasi menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SNI ISO 9001:2008) dan atau Sistem Manajemen Keamanan Pangan (SNI ISO 22000:2009) dan atau SNI sistem manajemen lainnya, dan atau menerapkan SNI pada produk (SPPT SNI); dan atau memenuhi salah satu persyaratan berikut:
a.  penggunaan bahan baku atau produk ber-SNI;
b.  pengendalian proses produksi (barang atau jasa) sesuai SNI;
c.   pengujian produk berdasarkan SNI;
d.  penggunaan bahan/barang ber-SNI dalam proses pelayanan jasa (Contoh penggunaan SNI dapat dilihat pada Lampiran)
5.    Perusahaan/organisasi tidak merupakan Penerima SNI Award sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut selama 2 (dua) tahun terakhir
6.    Perusahaan/organisasi telah beroperasi minimal 3 tahun

Kategori Peserta

Peserta SNI Award 2014 dibagi 10 kategori yaitu :
1.    Perusahaan/Organisasi Kecil Jasa
2.    Perusahaan/Organisasi Menengah Jasa
3.    Perusahaan/Organisasi Besar Jasa
4.    Perusahaan Kecil Barang
5.    Perusahaan Menengah Sektor Pangan dan Pertanian (makanan; minuman; hasil pertanian; perikanan; peternakan; perkebunan; dan lain-lain yang sejenis)
6.    Perusahaan  Menengah Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk logam (kelistrikan; elektronika; alat kesehatan; baja; aluminium; besi; nikel; mesin dan perkakas; dan lain-lain yang sejenis)
7.    Perusahaan Menengah Sektor Kimia dan Serba Aneka (produk kimia; pupuk; semen; karet dan produk karet; pulp dan kertas; tekstil dan produk tekstil; kulit dan produk kulit; produk kayu; plastik dan produk plastik; keramik; kaca; dan lain-lain yang sejenis)
8.    Perusahaan Besar Sektor Pangan dan Pertanian (makanan; minuman; hasil pertanian; perikanan; peternakan; perkebunan; dan lain-lain yang sejenis)
9.    Perusahaan Besar Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk logam (kelistrikan; elektronika; alat kesehatan; baja; aluminium; besi; nikel; mesin dan perkakas; dan lain-lain yang sejenis)
10.  Perusahaan Besar Sektor Kimia dan Serba Aneka (produk kimia; pupuk; semen; karet dan produk karet; pulp dan kertas; tekstil dan produk tekstil; kulit dan produk kulit; produk kayu; plastik dan produk plastik; keramik; kaca; dan lain-lain yang sejenis)

Kriteria kelompok usaha di atas mengacu kepada Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 yaitu perusahaan/ organisasi kecil, perusahaan/ organisasi menengah dan perusahaan/ organisasi besar.

Bagaimana masalah pembiayaan dalam program ini?
SNI adalah program pemerintah. Biaya yang ada sepenuhnya dibayai oleh pemerintah pula. Jadi peserta tidak dipungut biaya apapun.

Waktu Pendaftaran
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Maret 2014  dan penutupan pendaftaran pada tanggal 2 Juni 2014.

Berminat mengikuti SNI Award 2014? silahkan download di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *