Tentang Kami

LKP JANAAHA merupakan lembaga pendidikan non formal di bidang Pengobatan Tradisional.

Janaaha memiliki ruang lingkup kegiatan kursus dan pelatihan yang terkait dengan pengobatan tradisional. Saat ini program unggulan Janaaha adalah program kursus dan pelatihan Jamu Tradisional Indonesia, meliputi:

1. Battra Ramuan Indonesia;
2. Ilmu Racik Jamu dan PKL Industri;
3.Training dan konsultasi Peningkatan Mutu Industri Jamu Tradisional (UKOT);
4. Bekam dan Thibbun Nabawi;

Selain itu, Janaaha mengajak masyarakat untuk menjadi Terapis Multi Talenta dengan membuka program lainnya, yaitu:

1. Tuina Chu Zhen;
2. Pijat Refleksologi
3. Pijat Akupressur;
4. Akupunktur.

Saat ini Janaaha terdaftar di Notaris: No.4/tanggal 17 September 2013 dan disahkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Sleman.

Alhamdulillah saat ini izin operasional penyelenggaraan lembaga kursus dan pelatihan sudah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dengan nomor 35/Kpts/2014.

Mudah-mudahan dapat membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tertarik dengan pengobatan tradisional.

Tujuan dari pembelajaran di LKP Janaaha berfokus pada “Penguasaan keterampilan, standar kompetensi, pengembangan sikap kewirausahaan serta pengembangan kepribadian professional”. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diterapkan metode pembelajaran dengan pola belajar aktif. Warga belajar mendapatkan stimulasi materi sekitar 40-50%. Sisanya adalah diskusi dan praktek.

Sedangkan mendukung kemandirian warga belajar, lembaga memberikan tambahan pembelajaran kewirausahaan serta pembinaan mental dengan pendekatan Ajaran Islam, seperti penguasaan akidah yang benar, akhlak al-karimah, penguasaan zikir dan doa yang sesuai dengan bimbingan Rasulullah Shallalhu’alaihi wasallam, ruqyah, serta pengetahuan fikih pengobatan.

Visi

“Mencetak ahli kesehatan tradisional berdedikasi tinggi, terampil, profesional dan berakhlak mulia”.

Misi

Untuk mencapai visi tersebut ditetapkan misi sebagai berikut:

1. Membina karakter warga belajar sesuai syariat Islam;
2. Memberikan ilmu dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar sesuai dengan standar Kompetensi yang ada;
3. Memperkuat penguasaan keilmuan dan keterampilan warga belajar melalui praktek dan magang.
4. Meningkatkan kemampuan peserta didik kursus melalui program standarisasi dan sertifikasi kompetensi yang relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja;
5. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan mutu program dan lembaga kursus sesuai dengan standar yang berlaku;
6. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta guna mendukung program pengembangan dan peningkatan pengobatan tradisional di Indonesia.

Motto

“Sarana utama insan sehat, terampil, dan mandiri”

Sasaran

Janaaha membuka peluang bagi seluruh anggota masyarakat untuk menjadi warga belajar melalui aneka program keterampilan, diantaranya:

1. Kelas Regular

Pembelajaran pada kelas ini lengkap dengan waktu antara 7 bulan – 14 bulan. Program ini ditujukan bagi mereka yang belum pernah atau tidak mengusai keterampilan yang diajarkan. Target lulusan dapat bekerja sesuai dengan bidangnya. Untuk mendukung hal tersebut maka warga belajar ditargetkan mengikuti materi, praktek di kelas, serta praktek di lembaga yang sesuai dengan keterampilan mereka.

2. Kelas Terampil Terpadu

Program yang ada pada kelas ini lebih difokuskan bagi mereka yang pernah mengikuti kelas regular dan atau telah menguasai dasar Battra tertentu dan atau telah memiliki keterampilan diajarkan di kelas ini. Tujuannya adalah pemantapan dan pendalaman materi dan praktek. Program ini juga dapat diterapkan pada perusahaan yang ingin meningkatkan SDM-nya khususnya pada perusahaan Jamu dan Pangan setingkat UKM.

3. Kelas Penyegaran Kemampuan .

Bagi mereka yang telah menguasai keterampilan yang diajarkan, dan atau telah berpraktek, dan atau telah belajar keterampilan tertentu namun tidak memiliki bukti pernah belajar dari lembaga resmi dan berkeinginan untuk mengikuti penyetaraan serta uji kompetensi dapat mengikuti program ini. Syaratnya adalah mengisi formulir isian yang berisi standar keterampilan yang telah dikuasai atau yang masih membutuhkan peningkatan dari LKP. Lulusan program ini diarahkan agar dapat mengikuti uji sertifikasi dan atau kompetensi yang hasilnya dapat digunakan untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya atau melakukan pelayanan secara mandiri atau bekerja ke luar negeri.

4. Kelas Smart Student

Untuk menjangkau masyarakat dari kalangan pelajar dari tingkat SD – Perguruan Tinggi, Janaaha siap memberikan tambahan wawasan dalam bidang pengobatan tradisional sebagai nilai budaya atau muatan local, terkhusus jamu tradisional khas Indonesia.

Dalam Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 26 ayat 5, menyatakan bahwa kursus dan pelatihan diselenggarakan bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kepada masyarakat yang membutuhkan.

Untuk itu, LKP Janaaha senantiasa akan memperbaiki sistem pembelajaran dan materi yang diberikan agar selalu update dan bermanfaat bagi warga belajarnya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi

CP/ WhatsApp: Abah Fajar 0811 259 226

PIN BB : 23761B00

E-mail: lkpjanaaha@gmail.com atau klinikjanaaha@gmail.com.

4 thoughts on “Tentang Kami

  • 11/15/2015 at 10:45 am
    Permalink

    Mohon informasinya tentang alat Chu Zhen yang isi satu set bahan stainless steel harganya berapa ya..

    Reply
    • 11/15/2015 at 1:34 pm
      Permalink

      Salam Sasongko Dipoyono. Mohon maaf pak Stok kami habis. Ini baru kami tanyakan ke sinshe Hari. Insya Allah kalau ada kabar akan diinfokan melalui email bapak. Terima kasih

      Reply
  • 02/03/2017 at 6:04 pm
    Permalink

    Kami membuka Rumah Sehat Surga Dunia di Cirebon dengan kegiatan pijit refleksi.
    Saat ini membutuhkan terapis 1 orang pria dan 1 orang wanita
    Bisakah kirim tenaga terapis tersebut ? Mks.

    Reply
    • 02/03/2017 at 8:45 pm
      Permalink

      Bismillah. Terima kasih Ibu Retno. Insya Allah kami bantu melalui group AP3I nasional. Sukses selalu

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *