Perhelatan even nasional standardisasi SNI Award 2015 berakhir sudah. Pada malam anugerah SNI Award 2015, 10 November 2015, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya mengatakan, pada 2015, SNI Award diikuti oleh 151 perusahaan/organisasi di Indonesia.

Setelah melalui beberapa tahapan penilaian oleh Dewan Juri yang terdiri dari 17 orang, dan diketuai oleh pakar ekonomi, Rhenald Kasali, sebanyak 39 perusahaan/organisasi diumumkan sebagai penerima SNI Award 2015.

Rheinald Kasali Senada Dengan Menteri Perdagangan Thomas T. Lembong: “Mutu Itu Penting”

Pada kesempatan tersebut Rheinal mengatakan bahwa pentingnya Mutu sebagai kunci sukses suatu usaha agar menang dalam menghadapi persaingan, terutama pada masa-masa yang akan datang, ketika MEA akan berlaku mulai 2016.

“Mutu adalah kunci penting dalam memenangkan persaingan. Untuk itu penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang terus meningkatkan mutunya,” tegas Rheinald, dalam pidato sambutan SNI Award 2015 di JCC, Selasa (10/11/2015).

Piala SNI Award 2015, rencananya untuk peningkatan emas akan diserahkan oleh Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong dan Ketua Komisi VI DPR RI A. Hafisz Tohir, Peringkat Perak akan diserahkan Sekretaris Jendral Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Ainun Naim dan untuk Peringkat Perunggu diserahkan oleh Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementrian Perdagangan, Widodo disaksikan Kepala BSN, Bambang Prasetya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Penerima SNI Award 2015 dibedakan menjadi Platinum, Emas, Perak, dan Perunggu. SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia kepada organisasi/Perusahaan yang dinilai telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten dan berkinerja baik.

Baik Rheinald dan Thomas Lembong, kedunya mengharapkan SNI Award dapat menjadi acuan perusahaan/organisasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi dalam mewujudkan ekspektasi masyarakat dan perushaan itu sendiri akan mutu yang lebih baik, termasuk kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pelanggan, manajemen sumberdaya, realisasi produk, pengukuran analisis dan evaluasi serta hasil bisnis.

“Melalui SNI Award diharapkan produsen dan konsumen semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penerapan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar,” ujar Rheinal lebih lanjut.

Dalam SNI Award ini peraih penghargaan terbanyak diperoleh oleh PT. Scheinder Indonesia yang menyabet 4 Tropi Emas dan 2 Tropi Perak dari berbagai kategori.

Acara SNI Award ini merupakan rangkaian acara penutup pada Bulan Mutu Nasional (Indonesia Quality Expo) 2015, yang diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Kementrian Terkait, seperti Kementrian Perdagangan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan pihak-pihak terkait lainnya. (ILK) Bsn.go.id

Salah satu dari sekian banyak peraih penghargaan SNI Award 2015 adalah RS Nur Hidayah Bantul. Nur Hhidayah merupakan wakil dari institusi pelayanan kesehatan swasta di kabupaten Bantul DI Yogyakarta sekaligus rumah sakit pertama peraih SNI Award. Selamat..!

Berikut daftar perusahaan dan organisasi peraih SNI Award 2015:

Peringkat Emas

Peraih SNI Award 2015 Peringkat Emas

Peraih SNI Award 2015 Peringkat PerakPeraih SNI Award 2015 Peringkat Perunggu

Sumber : BSN.go.id

Edited: November 15, 2015 @ 13:01:37