Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala atas segala nikmat dan karunia-Nya.

Rabu, 21 Oktober 2015 merupakan hari yang bersejarah bagi terapis yang berprofesi sebagai pemijat refleksi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Bertempat di ruang Mustika Hotel Sherathon Yogyakrata, 47 asesi refleksologi berjuang untuk mendapatkan pengesahan kompetensi atas profesi mereka. Ujikom yang difasilitasi oleh LSP Cohespa Surabaya ini yang merupakan lembaga SERTIFIKASI PROFESI – LSP yang ditunjuk dalam hal ini OLEH BNSP benar-benar tidak dipungut biaya. Semua pembiayaannya ditanggung oleh pemerintah.

Melalui ujikom ini kita akan memiliki keseragaman mutu dan standar dalam dunia kerja sesuai dengan kompetensi yang diikuti. Melalui ujikom ini pula kita akan melahirkan tenaga kerja yang profesional dan tersertifikasi dan memiliki daya saing yang kuat.

Acara ini dibuka oleh bapak Rose Soetikno, SH., MH, Sekretaris Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mewakili Kepala Dinas Pariwisata DIY. Dalam pesan singkatnya bapak kepala Dinas mendorong agar semua peserta dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya dan hasilnya kelak dapat digunakan dalam pelayanan sehari-hari di tempat masing-masing sehingga mendukung program kepariwisataan di DIY.

Acara selanjutnya adalah pemeriksaan kelengkapan seluruh peserta yang meliputi:

1. Surat pernyataan profesi bekerja sebagai Ahli Refleksi;
2. APL 1 – data diri dengan lampiran data diri
– KTP asli
– Fotokopi KTP 1 lembar
– Fotokopi Ijazah pendidikan formal terakhir 1 lembar
– Surat dari tempat kerja bidang refleksologi
– Sertifikat dari lembaga kursus refleksologi
– Pasfoto (background merah) 3×4 sebanyak 4 lembar
– Meterai Rp 3000 – 2 lembar dan Rp.6.000,- 3 lembar
3. APL 2 – Uji/Asasmen mandiri  Refleksologi

Seperti halnya Uji Kompetensi profesi lainnya, ujikom refleksi ini terbagi menjadi 3 kegiatan utama yaitu uji tulis yang berlansung, ujuk kerja/praktek dan wawancara. Selama berlangsungnya ujikom  ini tampak beberapa wajah tegang dan cemas. Namun sebagian besarnya tampak riang dan semangat mengingat mereka merupakan praktisi refleksologi yang sudah berpraktek lama di daerah masing. masing.

Saat ujian berlangsung tampak para asesor, bapak Koesnoesantoro, Ibu Anik Latifah, bapak Agus Hariyanto dan Ibu Laureen Tjahjono, mengawasi, mengamati serta mewawancarai setiap peserta tanpa mengenal lelah.

Acara terakhir yang dinanti-nanti adalah pengumuman hasil UJIKOM pada pukul 18.00 WIB. Alhamdulillah semua peserta lulus dan dinyatakan KOMPETEN untuk profesi Refeleksologi.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk semua peserta dalam meningkatkan daya saing mereka di tempat pelayanan masing-masing.