Cuci tangan disini maksudnya adalah cara membersihkan tangan sesuai prosedur yang benar dengan tujuan  membunuh kuman penyebab penyakit. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun baik sebelum makan, setelah keluar dari toilet/WC atau pun sebelum memulai dan setiap selesai pekerjaan merupakan upaya menjaga kesehatan tubuh sekaligus mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan.

Cara mencuci tangan yang benar adalah tata cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk membersihkan jari – jari, telapak dan punggung tangan kita dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit.

Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

 

Cucitanganyangbenar

Sudah semestinya setiap pengobat tradisional memahami dan mampu mempraktekkan kegiatan mencuci tangan secara benar. Tujuannya agar dapat memaksimalkan kualitas pelayanan yang dilakukannya sekaligus menjadi cara edukasi yang efektif kepada masyarakat, khususnya klien pengguna jasa.

Insya Allah, dengan mempraktekkan cuci tangan klien akan semakin bertambah kepercayaannya terhadap kita. Sudahkah anda memahami cara cuci tangan yang benar dan mampu mempraktekkannya? Semoga bermanfaat.

Sumber: BUKU MATERI AJARILMU PIJAT PENGOBATAN REFLEKSI RELAKSASI Bagi asisten Refleksolog (Level 2 – KKNI) LKP Janaaha Yogyakarta – 2016