Mimpi Besar BikinPabrik.Id

Pendaftaran Porgram OTA Sinde
Program Pelatihan dan Pendampingan Pelaku Usaha Jamu
05/02/2023
Larangan pada Obat Tradisional
Larangan pada Obat Tradisional
05/20/2023

Mimpi Besar BikinPabrik.Id

Sahabatku… Melalui media ini, kami akan bercerita sebuah mimpi besar BikinPabrik.Id untuk membantu pelaku usaha produksi. Sebuah impian besar yang tidak mudah untuk mencapainya. Namun tetap memungkinkan untuk mencapainya.

Tahun 2017, kami pernah membuat beberapa coretan kecil. Semacam coretan impian yang berangkat dari hati yang geram namun saat itu tidak bisa berbuat apa-apa.

Saatitu ada beberapa kawan pelaku usaha, yang mereka:

  1. Kena tipu jasa pembuatan sertifikat izin edar POM TR. Ini menimpa usaha tetangga kami di perumahan;
  2. Yang lainnya, sudah senang sekali ada yang bisa membantu mengurusakan izin produknya, namun setelah waktu berlalu dan ratusan juta telah dikeluarkan izin yang ditunggu tak kunjung tiba. Nama dan izin produknya tidak sama sekali tidak muncul di website Badan POM:
  3. Ada juga yang bercerita, dengan berat hati merelakan sekian puluh jutanya (waktu itu 2016), untuk berdamai oknum agar tidak dimejahijaukan:

Yang terpikir saat itu adalah bagaimana bisa membuat sebuah media informasi dan edukasi yang dapat dengan mudah diakses, murah, serta jangkauannya luas hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Maka waktu pun berjalan hampir satu tahun kemudian muncullah sebuah ide membuat website, yang gagasan awalnya adalah “satu media dengan aneka informasi seputar sarana produksi”.

Kemudian, walhamdulillah, lahirlah BikinPabrik.Id yang semua orang, baik masyarakat umum maupun pelaku usaha dapat mengakses informasi seputar legalitas sarana dan produk serta standar mutu untuk produk kosmetika, obat tradisional, dan pangan olahan.

Tahun 2019, BikinPabrik.Id  menjadi program resmi dari LPK Janaaha. Kami dedikasikan untuk membantu sahabat-sahabat kami pelaku usaha produksi skala mikro dan kecil (UMK).

Alhamdulillah sejak tahun 2021 BikinPabrik.Id di Lembaga Pelatihan Kerja Janaaha mendapatkan dukungan penuh dari PT Sinde Budi Sentosa melatih pelaku usaha jamu di Indonesia. Kami semakin yakin dapat mewujudkan impian kami tersebut.

Dan bersama sahabat pelaku usaha produksi kami siap sedia turut membangun negeri tercinta Indonesia.

@Abah Fajar
Founder BikinPabrik.Id
Instruktur LPK Janaaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *