Setiap orang yang menekuni suatu bidang keterampilan, apalagi yang terkait dengan hajat hidup orang banyak, seperti mereka yang berkecimpung dalam pelayanan kesehatan tradisional, harus memiliki semangat untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilannya. Tujuannya agar nantinya ilmu yang di-update tersebut dapat memberikan peningkatan pelayanan dan manfaat yang prima kepada pasien.

Selain terus belajar di pusat kajian pengobatan tradisional,  sharing dengan sesama pengobat, mengikuti seminar perkembangan obat tradisional, atau mengoleksi aneka buku rujukan, ada cara yang hemat namun tetap bermanfaat. Yaitu mengunjungi perpustakaan yang ada di daerah masing-masing.

Contoh mudahnya di Provinsi Yogyakarta, tempat kami berdomisili, yang memiliki perpustakaan daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Kita diperkenankan meminjam koleksi yang ada setelah kita menjadi member di perpustakaan tersebut. Caranya mudah dan gratis, yaitu dengan menghubungi langsung costumer service untuk melakukan pendaftaran.

Perpusda DIY

 

 

 

 

 

 

 

 

Perpusda Kota Yogya

Untuk pendaftaran di perpustakaan provinsi Yogyakarta dan kabupaten Sleman Anda diharuskan mendapatkan stempel/tanda tangan dari kelurahan atau instansi tempat Anda bekerja serta menyerahkan foto kopi identitas yang masih berlaku (KTP/SIM). Untuk perpustakaan kota Yogyakarta, lebih mudah lagi, cukup memperlihatkan kartu identitas asli dan foto kopinya, kemudian mengisi aplikasi pendaftaran, setelah itu foto di tempat untuk kartu member Anda, dan Anda pun otomatis jadi member alias bisa langsung meminjam koleksi buku yang ada.

Selain itu ada juga sarana lain untuk mendapatkan informasi atau literatur obat tradisional, yaitu di perpustakaan fakultas farmasi baik universitas negeri maupun swasta. Alhamdulillah, kami telah mencobanya di UGM, syaratnya cukup meninggalkan kartu pengenal yang masih berlaku, kemudian kita diberikan hak untuk membaca ditempat. Bila kita membutuhkan salinannya dapat langsung menghubungi bagian foto kopi di dalam perpustakaan tersebut.

Bukankah banyak jalan untuk menjadi pandai, Kawan? Ayo manfaatkan perpustakaan daerah di kota/kabupatenmu. Salam sehat dan sukses selalu