Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit anemia, selain orang dewasa anemia juga banyak menyerang remaja bahkan anak-anak. Dalam bahasa Yunani anemia lebih diartikan tanpa darah jadi bisa kita ketahui bahwa anemia merupakan penyakit yang berhubungan dengan masalah darah seseorang. Sel darah merah atau yang sering disebut dengan hemoglobin yakni protein pengangkut oksigen dalam darah sedang mengalami kondisi yang kurang normal saat seseorang mengalami anemia.

Kurangnya sel darah atau hemoglobin ini akan menghambat proses pengangkutan darah merah ke paru-paru, jantung maupun seluruh anggota tubuh lain sehingga terjadi kondisi kerja yang tidak normal dari semua anggota organ tubuh. Oksigen sangat diperlukan dalam tubuh demi menjaga kesehatan serta normalnya keadaan tubuh, jika sel darah merah yang membawanya mengalami hambatan maka bisa jadi hal ini akan memperparah anemia dan menghambat pemenuhan oksigen dalam tubuh.

Anemia bukanlah penyakit yang bisa diremehkan atau diacuhkan begitu saja. Semakin parahnya anemia seseorang maka akan menjadikan kerusakan dan penyakit lain seperti gangguan pada jantung, paru-paru, hati dan juga saraf-saraf otak  pada manusia. Penyakit anemia yang tidak ditangani secara cepat dapat menimbulkan cacat bahkan kematian bagi penderita. Konsentrasi yang kurang maksimal dari tubuh serta jalannya oksigen akan membantu percepatan dan pertumbuhan penyakit anemia. Satu hal yang perlu Anda tahu bahwa penderita anemia sebagian besar adalah kaum wanita.

Penyebab Penyakit Anemia

Penyebab anemia secara umum adalah penurunan sel darah dalam tubuh, dan penurunan ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Keadaan sel darah yang kurang normal sendiri inilah yang sangat memicu mengapa anemia bisa menyerang seseorang dengan cepat. Ada beberapa tahapan dan juga beberapa masalah yang menyebabkan anemia bisa menyerang manusia. Berikut beberapa hal yang mungkin Anda anggap sepele namun sangat berakibat fatal terhadap perkembangan anemia dalam tubuh.
a.    Darah yang keluar saat menstruasi berlebihan
Sebagai wanita semua pasti mengalami mesntrusi dalam sebulan sekali. Darah yang keluar dari setiap wanita tidak sama, ada yang sedikit dan ada yang banyak. Jika darah yang keluar waktu menstrusi sangat banyak dan berlebihan, hal ini bisa menjadi penyebab anemia dengan berkurangnya darah merah dalam tubuh.
b.    Makanan yang dikonsumsi tidak sehat
Pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh ditentukan dengan asupan gizi dan pemenuhan nutrisi dalam tubuh. Jika makanan yang yang dikomsumsi tidak maksimal mencakup empat sehat lima sempurna, maka kemungkinan besar anemia akan menyerang. Kekurangan zat besi, vitamin, dan protein adalah penyebab anemia yang sering dijumpai pada penderitanya.
c.    Pendarahan hebat baik karena menstruasi, nifas, istikhadloh ataupun kecelakaan
Jika darah yang keluar dari dalam tubuh sangat banyak dan berlebihan, kemungkinan besar anemia bisa menyerang saat itu juga. Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang terjadi dalam meningkatkan anemia.
d.    Pecah pembuluh darah
Pecahnya pembuluh darah ini terjadi karena beberapa hal, baik karena adanya penyakit lain sedang melanda diri seseorang atau karena kecelakaan. Pemecahan pembuluh darah ini membuat sel darah merah bercampur dengan sel-sel darah lainnya dan menimbulkan ketidakstabilan darah dalam tubuh sehingga anemia akan menyerang tubuh seseorang dengan mudah dan cepat.
e.    Tumor, kanker, ginjal dan ambeien
Penyakit-penyakit ini akan merusak kinerja sel darah merah yang membawa oksigen dalam tubuh dan memperparah anemia. Dengan penyakit yang ada, maka pemenuhan kebutuhan oksigen dalam tubuh sering mengalami kerusakan.

Gejala-Gejala Penyakit Anemia

a.    Keadaan pucat dari seseorang bisa menjadi gejala anemia. Pucat bisa dilihat dari warna bibir, kelopak mata, wajah dan juga lidah serta kulit maupun tangan seseorang yang tidak segar.
b.   Penderita anemia terlihat letih, lesu, lemah, lunglai, lelah, dan mudah lalai.
c.   Kepala pusing dan mual serta muntah-muntah akibat mata berkunang-kunang menjadi gejala anemia selanjutnya
d.    Penerita anemia juga tidak nafsu makan dan kurang bergairah serta kurang semangat dalam hal apapun

Pengobatan Penyakit Anemia

Anemia bisa dicegah dan diobati dengan pola makan yang teratur, makanan yang bergizi dan mampu menutrisi tubuh, perbanyak makan sayuran yang mengandung zat besi, olahraga yang cukup dan teratur, perbanyak minum air mineral/putih, minum obat tambah darah yang banyak tersedia di apotek atau mintalah resep dokter dalam rangka penyembuhan anemia. Sumber: jurnalsehat.com)