Pengobatan pada penderita anemia tergantung pada penyebabnya. Pada anemia yang disebabkan oleh pendarahan akut maka sumber pendarahanya harus segera dihentikan, bila perlu dilakukan transfusi darah. Demikian juga pendarahan kronis, sumber pendarahan harus dicari, kemudian diobati dan dilakukan tindakan medis sesuai dengan indikasinya. Tindakan medis harus dilakukan oleh tenaga ahli (dokter, paramedis, dan lain-lain.

Anemia karena kekurangan zat besi dapat diterapi dengan melakukan sebagai berikut:

Meningkatkan Konsumsi makanan bergizi

  • Makan makanan yang banyak mengandung zat besi dari bahan makanan hewani (daging, ikan, ayam, hati, telur) dan bahan makanan nabati (sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, tempe).
  • Makan sayur-sayuran yang dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C (daun katuk, daun singkong, bayam, jambu, tomat, jeruk, dan nanas) sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam usus.

Menambah pemasukan zat besi kedalam tubuh dengan mengkonsumsi tablet tambah darah. Tablet tambah darah adalah tablet zat besi folet yang setiap tablet mengandung Ferro sulfat, zat besi, dan asam folat. Berbagai jenis tablet tambah darah beredar dan dapat dibeli di apotek dan toko obat.

Mengobati penyakit yang menyebabkan atau memperberat anemia seperti kecacingan, malaria, penyakit TBC, dan lain-lain. (sumber: depkes)