Ayo Berdayakan Masyarakat Peduli Kanker Dengan Deteksi Dini

ADAS (Foeniculum vulgare Mill.)
02/25/2016
Gathering SNI Award 2016
03/10/2016
Show all

Seri》Sehat Negeriku

Ayo Berdayakan Masyarakat Peduli Kanker Dengan Deteksi Dini

Beberapa poin penting dalam sambutan tertulis Menteri Kesehatan dalam kegiatan “Ayo Berdayakan Masyarakat Peduli Kanker Dengan Deteksi Dini” peringatan Hari Kanker Sedunia di Bogor tanggal 24 Februari 2016  yang lalu.

Selamat menyimak semoga bermanfaat.

1. Tema tahun 2016 adalah “We Can, I Can” atau “Kita Bisa, Saya Bisa”.

2. Di Indonesia, penyakit kanker menjadi masalah kesehatan masyarakat. Angka kesakitan dan kematian akibat kanker cukup tinggi dan terus naik. Hasil Riskesdas 2013 menunjukkan prevalensi kanker adalah 1.4 per 1000 orang.

3. Penyakit kanker tertinggi pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher rahim, sedangkan kanker pada laki-laki adalah kanker paru dan kanker kolorektal.

4. Sementara itu, kasus tertinggi kanker pada anak yaitu leukemia dan kanker bola mata (retinoblastoma).

5. Permasalahan kanker semakin besar karena sebagian besar kasus kanker ditemukan pada stadium lanjut.

6. Penyakit kanker mempunyai beban pembiayaan sangat besar dan menjadi permasalahan pemerintah dan masyarakat. Menurut data BPJS tahun 2014, pembiayaan kanker sebesar 2,05 triliun rupiah. Pada 2015 data sampai triwulan III menyebutkan pembiayaan mencapai 1,32 triliun rupiah.

7. Menurut Menkes ini merupakan pembiayaan terbanyak ke-3, setelah penyakit jantung dan gagal ginjal.

8. Menkes menyatakan bahwa program pengendalian kanker saat ini diprioritaskan pada pencegahan dan deteksi dini kasus kanker tertinggi, yaitu kanker leher rahim dan kanker payudara, serta penemuan dini kanker pada anak. Deteksi dini kanker leher rahim menggunakan metode Inspeksi Visual dengan Asam aset (IVA) sedangkan deteksi dini kanker payudara menggunakan metode Pemeriksaan Payudara secara Klinis (SADANIS) dan Pemerikaan Payudara Sendiri (SADARI).

9. Khusus untuk anak dengan kanker, kita harus terus mendukung mereka untuk menghadapi penyakitnya. Anak-anak berhak menikmati masa kecilnya, mereka dalam kondisi paling rentan dan mereka berhak hidup layak.

10. Menkes berpesan agar pasien kanker segera mencari pengobatan yang tepat dan tidak melewatkan melewatkan fase emas pengobatan.

“Mari kita cegah dan kendalikan penyakit kanker agar tidak terus meningkat. Jika telah menderita kanker, segeralah datang ke fasilitas pelayanan kesehatan jangan menunggu keadaan stadium lanjut”.

11. Untuk itu, Menkes mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan dan lintas sektor untuk meningkatkan kampanye pencegahan, deteksi dini dan penemuan dini kanker.

12. Selain itu, berikan dukungan kepada orang-orang dengan kanker dan keluarganya untuk terus bersemangat dalam berjuang melawan kanker, dukungan bagi para penyintas (survivor kanker) agar terus berkontribusi dalam upaya pencegahan dan pengendalian kanker.

Sumber: Biro Komunikasi dan pelayanan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI.

PERHATIAN : Mohon dibantu menyebarkannya untuk manfaat yang lebih besar. Mari dukung upaya pemerintah dalam gerakan cegah kanker sejak hari ini.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Turut menyebarluaskan Chanel Telegram ☆Info Janaaha☆ link: .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *