Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kemasyarakatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LKP IMDKOM Yogyakarta, tanggal 23 – 25 November 2015 yang lalu, mengadakan Kegiatan Penguatan Manajemen dan Pembelajaran LKP melalui Pemagangan LKP Tahun 2015. Acara ini bertempat di Hotel Cakra Kembang dan dilanjutkan pemagangan di LKP IMDKOM.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bimbingan/pelatihan dan pengalaman nyata bagi pengelola LKP tentang tata cara pengelolaan LKP secara profesional di Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus memberikan gambaran terkait persiapan penilaian kinerja dan Akriditas LKP.

Dalam pemaparannya, Kasi Sarana Ditjen PAUDNI dan Pendikmas, Purwanto, S.Ip.,M.Si menekankan bahwa:
1. Magang sebagai “Pengalaman Belajar” seseorang yang berada dalam  proses belajar dari pengalaman aktual selama latihan/ praktek keahlian di tempat magang;
2. Pemagangan ditujukan untuk meningkatkan kompetensi pemimpin LKP dibidang manajemen dan pembelajaran agar termotivasi untuk meningkatkan kinerja lembaga dan mutu program.
3. Pemagangan bagian dasi sistem pelatihan yang diselenggarakan secara terpadu (komperhensif) dalam menguasai keterampilan dan keahlian tertentu

Selain itu pengelola LKP diingatkan bahwa PP no. 19/2005 tentang STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN, pada pasal 6 ayat 3 menyebutkan bahwa:
1. Setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan.
2. Penjaminan mutu pendidikan bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.
3. Penjaminan mutu pendidikan dilakukan secara bertahap, sistematis, dan terencana

Maka dari itu kegiatan ini merupakan salah satu langkah upaya dari Kemendikbud dalam meningkatkan penjaminan mutu LKP melalui program penguatan kemampuan manajemen dan pembelajaran. LKP Janaaha sebagai salah satu peserta bersyukur karena melalui program ini dapat memperoleh gambaran yang jelas bagaimana LKP dapat mengembangkan kemampuannya.